Jurusan Di Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Jurusan Di Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Jurusan Di Universitas Pertahanan Republik Indonesia

Universitas Pertahanan Republik Indonesia diresmikan pada tanggal 11 maret 2009 oleh presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009. Kampus ini menyelenggarakan pendidikan pada ilmu pertahanan, mulai dari jenjang Sarjana, Magister, hingga Doktor kepada perwira TNI dan juga masyarakat umum. Meskipun baru berusia muda, Universitas Pertahanan memiliki perkembangan yang pesat. Hingga saat ini, Unhan telah memiliki empat fakultas pada jenjang Sarjana yang bisa dijadikan rujukan bagi para mahasiswa yang ingin melanjutkan studi kuliah di bidang ini.

Selain itu, kampus ini juga menyelenggarakan kursus internasional yaitu, Warfare and Strategy Course yang mengajarkan para perwira TNI untuk meningkatkan pemahaman dan keahlian menerapkan teori-teori strategi inti dalam berperang. Kerennya lagi, kampus ini telah menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga pendidikan dari luar negeri, seperti: Australian Defence Force Cadet, US Defence University, Norwich University, Tsinghua University, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel lainnya : Biaya Kuliah Di Universitas Telkom Bandung

Sebagai perguruan tinggi pemerintah, Unhan secara teknis akademik dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan atau sekarang Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dan secara teknis fungsional dibina oleh Kementerian Pertahanan RI (Kemhan RI).  Selama menjalani masa pendidikan, mahasiswa Unhan bebas biaya pendaftaran, biaya kuliah, biaya yang berhubungan dengan pendidikan, hingga biaya hidup seperti tempat tinggal asrama dan makan.  Pada tahun 2024, Universitas Pertahanan memiliki visi untuk menjadi universitas berstandar kelas dunia (world class defense university) dengan berbasis riset yang melestarikan nilai-nilai kebangsaan.

Profil Singkat Universitas Pertahanan

Universitas Pertahanan RI (UNHAN RI) adalah sebuah Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan pascasarjana dibidang pertahanan dan bela negara (Magister Pertahanan/M.Han.), dengan tujuan untuk melaksanakan pembangunan dan pengembangan yang berorientasi pada Tri Dharma perguruan tinggi, untuk mencapai standar pendidikan nasional dan universitas berstandar kelas dunia (world class).

Universitas Pertahanan didirikan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, yaitu Peraturan Presiden Nomor 5 Tahun 2011 dan ditetapkan melalui Surat Mendiknas Nomor 29/MPN/OT/2009 tanggal 6 Maret 2009 perihal Pendirian Unhan. Universitas Pertahanan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 11 Maret 2009 di Istana Negara. Penyelenggaraan program studi dilingkungan UNHAN merujuk kepada Keputusan Mendiknas RI Nomor: 196/E/O/2011 TGL 7 September 2011 tentang Penyelenggaraan Program-program Studi pada Universitas Pertahanan RI di Jakarta.

UNHAN merupakan lembaga pendidikan tinggi yang unik karena mengkhususkan diri pada studi pertahanan pada jenjang pendidikan Diploma III, Sarjana, Magister, dan Doktoral. UNHAN RI adalah lembaga pendidikan tinggi terbuka. UNHAN memberi kesempatan kepada para perwira TNI, POLRI dan sipil untuk belajar dan memperdalam Ilmu Pertahanan dari sudut pandang militer, politik, ekonomi, sosial, teknologi dan budaya.

Fakultas dan Program Studi S1 Unhan RI

Melansir pendaftaran Unhan di tahun 2021, berikut Fakultas dan Program Studi Militer yang ditawarkan Unhan RI:

  1. Fakultas Kedokteran Militer Prodi Pendidikan Kedokteran Prodi Profesi Dokter
  2. Fakultas Farmasi Militer Prodi Ilmu Farmasi
  3. Fakultas MIPA Militer Prodi Biologi Prodi Kimia Prodi Fisika Prodi Matematika
  4. Fakultas Teknik Militer Prodi Teknik Informatika Prodi Teknik Konstruksi Bangunan Militer Prodi Teknik Elektro Prodi Teknik Mesin