The Role of Green Supply Chain Management and Green Innovation in The Effect of Corporate Social Responsibility on Firm Performance

Introduction

Penerapan kinerja sosial sebagai bahan transparansi komitmen lingkungan yang mendorong manajemen perusahaan terhadap kinerja perusahaan diperlukan di perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat implikasi lingkungan dari perusahaan, khususnya peran manajemen rantai pasokan hijau dan inovasi hijau sebagai variabel intervening antara pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan dan pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan.

Tanggung jawab sosial perusahaan memiliki beberapa konsep alternatif yang tidak lepas dari adanya kewarganegaraan dari inti perusahaan, keberlanjutan atau sistem keberlanjutan, pengelolaan pemangku kepentingan, penerapan etika bisnis yang tepat, penerapan kesadaran kapitalisme, penciptaan nilai di mata masyarakat dan perusahaan, memiliki tujuan dalam pergerakannya. Dampak pertumbuhan ekonomi diidentifikasi melalui tanggung jawab sosial perusahaan, yang juga difokuskan pada kematangan operasional strategi yang diterapkan dengan kesadaran lingkungan dari kedua belah pihak. Prinsip moral branding untuk sikap jujur terhadap kepatuhan terhadap peraturan hukum dan sejalan dengan manajemen perusahaan, integritas profesional, dan tidak adanya penyalahgunaan jabatan dan pemantauan kinerja dapat dipandang sebagai bukti spesifik adanya tanggung jawab sosial perusahaan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan dan kinerja perusahaan dengan manajemen rantai pasokan hijau dan inovasi hijau sebagai mediasi. Penelitian ini berkontribusi, antara lain, pada upaya pemberdayaan lingkungan yang berkomitmen untuk menyesuaikan kontribusi kinerja tanggung jawab sosial perusahaan dan manajemen inovasi hijau sekaligus meningkatkan laba kinerja perusahaan. Pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam hal ini perlu memperhatikan aspek lingkungan sekitar sehingga keberlanjutan program diharapkan dapat saling menguntungkan. Green Innovation mengontrol kinerja teknologi yang dapat diterapkan oleh masyarakat sebagai strategi pengembangan kinerja perusahaan.

Methods and Discussion

Penelitian ini bersifat kuantitatif dan difokuskan pada penelitian empiris tentang pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja bisnis. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan metode purposeful sampling. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 211 perusahaan PROPER yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia antara tahun 2015 dan 2019.

Temuan penelitian ini menjawab pertanyaan penelitian dan menambah literatur di bidang tanggung jawab sosial perusahaan, manajemen rantai pasokan hijau, inovasi hijau, dan kinerja perusahaan. Manajemen rantai pasokan hijau dan inovasi hijau, menurut temuan yang diperoleh, menengahi pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan terhadap kinerja perusahaan. Tanggung jawab sosial perusahaan adalah semacam tanggung jawab sosial, ekonomi, dan lingkungan yang dapat membantu bisnis menerapkan praktik manajemen rantai pasokan hijau. Temuan penelitian ini mendukung teori bahwa tanggung jawab sosial perusahaan dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan inovasi hijau melalui teknologi inovasi yang ramah lingkungan. Selain itu, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan kinerja perusahaan, diperlukan “solusi hijau” dalam strategi lingkungan untuk menghasilkan manfaat ekonomi.

Penulis: Prof. Dian Agustia, S.E., M.Si., Ak., CMA., CA

Informasi detail dari riset ini dapat dilihat pada tulisan kami di:

Novitasari, M., & Agustia, D. (2022) The role of green supply chain management and green innovation in the effect of corporate social responsibility on firm performance. Gestão & Produção, 29, e117. http://doi.org/10.1590/1806-9649-2022v29e117


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *