SCOLAH UNAIR Ajak Siswa Berkebutuhan Khusus Semangat Raih Cita-Cita

UNAIR NEWS – Berlian, salah satu kegiatan program kerja Departemen Pengajar SCOLAH – UNAIR Mengajar, telah mencapai puncak acara pada Sabtu (19/11/2022). Menggandeng SDN Banyu Urip II, program kerja yang telah berlangsung sebanyak empat kali dengan beragam kegiatan tersebut ditutup dengan respons hangat dari Kepala Sekolah SDN Banyu Urip II.

“Kami berterima kasih kepada kakak-kakak UNAIR yang telah mendampingi adik-adik SDN Banyu Urip II selama beberapa hari. Semoga setelah ini tidak saling melupakan,” ujarnya.

Bukan hanya siswa dan kepala sekolah, puncak acara juga dihadiri sejumlah wali murid. Hal itu menjadi momen yang tepat untuk menguatkan peran orang tua dalam rangka menggapai cita-cita anak, seperti yang disampaikan ketika pemaparan materi.

Menyasar 36 anak-anak berkebutuhan khusus yang menimba ilmu di SDN Banyu Urip II, SCOLAH UNAIR berusaha menanamkan esensi cita-cita yang harus dipupuk sedini mungkin. Kepala Sekolah SDN Banyu Urip II juga mengajak para wali murid untuk memberi anak-anak kasih sayang, bimbingan, dan dorongan untuk mendampingi mereka meraih cita-cita.

Akhir dari pemaparan materi, kegiatan dilanjutkan dengan aksi unjuk bakat siswa kelas 1-3 SD, disusul kelas 4-6 SD. Aksi unjuk bakat tersebut diisi dengan bernyanyi serta menari santai dengan panitia kegiatan Berlian. Pada akhir pertunjukan, panitia kegiatan Berlian juga menyanyikan lagu Terhebat sebagai suntikan motivasi untuk siswa yang hadir.

“Kami ingin mengenalkan kepada mereka, anak-anak yang belum diberi apa yang orang normal dapatkan, tentang cita-cita. Bahkan, sewaktu kami tanya ke orang tua mereka, beliau juga mengaku tidak tahu tentang cita-cita anak mereka,” ungkap Anita Anggraini, ketua pelaksana Berlian 2022.

Padahal, lanjutnya, jika mereka diberi wadah untuk berkreasi seluas mungkin, mereka pasti dapat meraih cita-cita tersebut, terlepas dari perbedaan apa yang mereka alami. Mahasiswa Fakultas Psikologi UNAIR tersebut juga memperlihatkan hiasan origami yang berisi tulisan cita-cita buatan siswa SDN Banyu Urip II.

Pada akhir, panitia Berlian juga mengajak wali murid mengapresiasi karya yang disuguhkan dalam bentuk pameran di sepanjang ruangan. Beragam foto dihias apik, akrilik, origami, dan beberapa lain di antaranya menjadi pusat perhatian hingga acara berakhir. (*)

Penulis: Leivina Ariani Sugiharto Putri

Editor: Binti Q. Masruroh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *