Pengaruh Konsumsi Kopi Terhadap Kesehatan Gigi dan Mulut

Kopi dianggap sebagai salah satu minuman yang banyak dikonsumsi oleh orang dewasa di seluruh dunia. Menurut International Coffee Organization, konsumsi kopi dunia meningkat sebesar 1% dari 2017 hingga 2021, dengan peningkatan tertinggi ditemukan di Afrika dan konsumsi terbesar dilaporkan di Eropa. Tren serupa juga terjadi pada produksi kopi oleh negara-negara pengekspor kopi, yang menunjukkan peningkatan sebesar 6,3% dalam setahun sejak 2019.

Pada kenyataannya terdapat beberapa alasan seseorang memutuskan untuk minum kopi yaitu karena manfaat kesehatan, rasa dan kesenangannya. Sedangkan sebagian orang masih menghindari kopi karena efek samping, seperti kecemasan dan insomnia.

Banyak penelitian melaporkan bahwa asupan kopi setiap hari dapat menimbulkan efek pada Kesehatan gigi dan mulut. Beberapa kasus efek antioksidan dan antiradang dari kafein yang terkandung dalam kopi dapat memberikan hasil yang bermanfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Sebaliknya, studi lain menunjukkan mengkonsumsi kopi setiap hari dapat menunda perbaikan tulang setelah pencabutan gigi.

Hal inilah yang mendasari kolaborasi antar tim peneliti untuk melakukan penelitian. Khususnya penelitian ini, bertujuan untuk meninjau secara sistematis dampak mengkonsumsi kopi pada status kesehatan gigi dan mulut.

Faktanya mengkonsumsi kopi secara rutin dalam dosis yang tepat dapat memberikan manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut, tetapi juga berpotensi memiliki efek merugikan jika dikonsumsi dalam dosis berlebihan. Sedangkan hasil penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat berpengaruh terhadap kesehatan gigi dan mulut karena kopi memiliki kandungan yang dapat memberikan efek positif maupun negatif pada kesehatan gigi dan mulut.

Dengan adanya penelitiani ini, diharapkan perlu adanya edukasi kepada masyarakat terkait konsumsi kopi terhadap kesehatan gigi dan mulut. Serta diharapkan pada penelitian selanjutnya, perlu adanya pengamatan potensi efek antioksidan pada jaringan gusi menggunakan Pengukuran Gingival Crevicular Fluid (GCF)

Penulis: Dr. Taufan Bramantoro, drg., M.Kes. dan Tim

Referensi: Bramantoro T, Zulfiana A, Amir MS, Irmalia WR, Mohd Nor NA, Nugraha AP, et al. The contradictory effects of coffee intake on periodontal health: a systematic review. F1000Research. 2022;11(924):1–10. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9582577/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *