Penatalaksanaan Gigi Seri Rahang Atas yang Tidak Tumbuh dan Frenulum Bibir Atas yang Besar pada Anak

Adanya kehilangan gigi seri atas akan berdampak pada estetika gigi dan wajah seorang anak. Beberapa penelitian telah melaporkan masalah fungsional terkait dengan hilangnya gigi seri, diantaranya  kesulitan bicara  terutama dalam melafalkan suara “s”. Kehilangan gigi ini dapat mempengaruhi kepercayaan diri dan interaksi sosial  sehingga perlu untuk  mengidentifikasi dan mengobati masalah sejak dini.

Kasus seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, datang dengan keluhan gigi seri rahang atas kiri tidak tumbuh sedangkan gigi-gigi sebelahnya sudah tumbuh sempurna. Dari riwayat sebelumnya, pasien pernah jatuh sampai gigi susu nya lepas. Riwayat kesehatan umum baik, tidak ada riwayat alergi. Sebelum dilakukan perawatan terlebih dahulu dilakukan diagnosis dengan  melakukan analisis ruangan dari gigi yang tertanam,  pemeriksaan rontgen panoramik, untuk mengetahui gigi yang tidak tumbuh dan foto sefalometri untuk analisis tulang rahang.

Tahap pertama perawatan yang dilakukan adalah  frenektomi yaitu perawatan bedah dengan cara pemotongan (eksisi) dari frenulum labial yang tebal. Gigi-gigi disiapkan dengan pemasangan braket untuk persiapan perawatan gigi yang tertanam dalam lengkung rahang yang benar. Tahap selanjutnya dilakukan pembedahan (insisi) untuk membuka benih gigi yang tertanam dan dipasang braket pada permukaan gigi dan ditarik dengan elastik untuk ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan posisi gigi sebelahnya.

Perawatan dilakukan selama 9 bulan, gigi seri sudah menempati ruangan yang tersedia dalam posisi yang normal, tidak ada kegoyangan, tidak sensitive, kontur gusi baik. Setelah posisi gigi-gigi rahang atas dan rahang bawah sudah sesuai letaknya, piranti cekat (braket) dilepas dan diganti dengan piranti lepasan (Hawley retainer) dipakai sepanjang hari selama 6 bulan.

Corresponding author: Prawati Nuraini, Department Pediatric Dentistry, Dentistry Faculty, Universitas Airlangga,

Surabaya, Indonesia. Prawati-n@fkg.unair.ac.id

Link: https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/36187034/


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *