Pemain ‘Ilegal’ Timnas Ekuador Dicoret dari Piala Dunia 2022

Jakarta

Timnas Ekuador mencoret Byron Castillo dari daftar skuad Piala Dunia 2022. Bek kanan itu sebelumnya dituding sebagai pemain ‘ilegal’ oleh Chile.

Ekuador merilis daftar skuad Piala Dunia 2022, Senin (14/11/2022). Banyak pemain-pemain muda dan berpengalaman yang dipanggil, mulai dari Alexander Dominguez, Moises Caicedo, Angel Mena, hingga Enner Valencia.

Di sisi lain, Ekuador tidak menyertakan Castillo ke dalam skuad yang diberangkatkan ke Qatar. Pemain 23 tahun itu sebelumnya menjadi pilar penting La Tricolor di Kualifikasi Piala Dunia 2022.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Nama Byron Castillo mencuat setelah keberhasilan Timnas Ekuador lolos dari fase kualifikasi. Dia duga merupakan pemain kelahiran Kolombia yang menggunakan paspor dan akta kelahiran palsu untuk bisa membela Ekuador.

Dugaan data dan penggunaan paspor palsu Castillo diprotes Timnas Chile. La Roja mengajukan keberatan pada Mei 2022 dan meminta laga-laga kualifikasi yang dimainkan Castillo dianulir.

Castillo total bermain delapan kali tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022, termasuk dua kali melawan Chile. Ekuador menang sekali dan imbang satu kali pada pertemuan kedua kesebelasan.

Melansir Mundo Deportivo, Castillo tidak dipanggil ke Piala Dunia 2022 setelah sanksi dari Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS). CAS menilai pendaftaran pemain 23 tahun itu sebagai warga Ekuador dilakukan dengan informasi palsu.

CAS turut menjatuhkan sanksi buat Ekuador dengan pengurangan tiga poin untuk kualifikasi Piala Dunia berikutnya tahun 2026.

Daftar Skuad Ekuador di Piala Dunia 2022

Kiper: Moisés Ramírez (Independiente del Valle), Alexander Domínguez (Quito League) and Hernán Galíndez (Aucas).

Bek: Piero Hincapié (Bayer Leverkusen), Robert Arboleda (Sao Paulo), Pervis Estupiñán (Brighton & Hove Albion), Angelo Preciado (Genk), Jackson Porozo (Troyes), Xavier Arreaga (Seattle Sounders), Diego Palacios (Los Angeles FC), Félix Torres (Santos Laguna) dan William Pacho (Royal Antwerp).

Gelandang: Carlos Gruezo (Augsburg), José Cifuentes (Los Angeles FC), Alan Franco (Talleres), Moisés Caicedo (Brighton & Hove Albion), Ángel Mena (León), Jeremy Sarmiento (Brighton & Hove Albion), Jhegson Méndez (Los Angeles FC), Ayrton Preciado (Santos Laguna), Gonzalo Plata (Real Valladolid) dan Romario Ibarra (Pachuca).

Penyerang: Djorkaeff Reasco (Newell’s Old Boys), Kevin Rodríguez (Imbabura), Michael Estrada (Cruz Azul) dan Enner Valencia (Fenerbahce).

Simak Video “Jelang Piala Dunia, Qatar Pasang 15 Ribu Kamera di 8 Stadion
[Gambas:Video 20detik]
(bay/aff)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *