Group of Eight atau G-8 Universitas Terbaik di Australia

Group of Eight atau G-8 Universitas Terbaik di Australia

Pernahkah Anda mendengar istilah “Group of 8” saat merencanakan studi ke Australia? “Group of 8” atau biasa disingkat sebagai Go8 adalah sebutan untuk koalisi dari delapan universitas-universitas terkemuka di Australia, yang terdiri dari The University of Adelaide, The Australian National University (ANU), The University of Melbourne, Monash University, The University of New South Wales (UNSW), The University of Queensland (UQ), The University of Sydney (USYD), dan The University of Western Australia (UWA).

Group of Eight atau G-8 Universitas Terbaik di Australia

Jika ditilik melalui urutan peringkat universitas dunia, delapan universitas ini selalu konsisten hadir di jajaran 150 besar dunia. Menurut QS World University Rankings yang memetakan peringkat universitas berdasarkan jurusan, seluruh jurusan hukum di universitas Go8 masuk ke dalam top 100, di mana 4 di antaranya masuk dalam jajaran 20 terbaik. Selain itu, seluruh universitas Go8 memiliki minimal satu jurusan teknik dalam deretan top QS 100, dan semuanya menduduki top 100 untuk jurusan kedokteran, psikologi, dan pendidikan.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Terbaik Yang Ada Di Amerika

Tak heran, jika saat ini universitas yang tergabung dalam Go8 menjadi tujuan belajar yang prestisius dan paling diminati di Australia. Tak hanya menjadi incaran bagi para pemburu gelar sarjana, bagi Anda yang berniat melakukan program penelitian khususnya pada jenjang pascasarjana, Anda bisa menjadikan universitas Go8 sebagai pilihan yang mantap untuk Anda.

Fakta Menarik Universitas Group of Eight atau G-8

Jargon Group of Eight (Go8) Australia adalah bangga menjadi institusi penelitian terkemuka. Jargon ini tentu saja tidak begitu saja dibuat. Go8 mempunyai sederet fakta dan prestasi yang tak main-main. Keberadaanya sangat mempengaruhi perkembangan Australia atau bahkan dunia. Beberapa fakta Go8 adalah :

  1. Mendidiklebih dari 23% mahasiswa di Australia
  2. 1 dari 12 mahasiswa go8 adalah seorang peneliti
  3. 1 dari 3 mahasiswa internasional langsung memilih go8
  4. 79% chief executive di Australia merupakan lulusan go8
  5. Setiap prime minister yang belajar di dalam negeri adalah lulusan Go8
  6. 81% sekretaris dan deputy secretary  pernah belajar di go8
  7. 83% Duta besar dan commissioner di Australia merupakan lulusan Group of Eight
  8. 1/3 dana penelitian dari pemerintah di hibahkan pada Universitas anggota Go8
  9. Go8 ikut andil dalam terciptanya 50.000 lapangan pekerjaan baru dan telah menyumbang $2.2 milyar untuk pemasukan negara
  10. 99% penilitan yang dilakukan oleh mahasiswa Go8 merupakan penelitian yang mendapat perhatian dunia

Fakta-fakta tersebut yang membuat GO8 menjadi universitas bergengsi dan menjadi pilihan. Selain mempunyai kualitas pendidikan yang terjamin, mereka juga dipastikan mempunyai fasilitas yang memadai. Dana dari pemerintah mengalir cukup deras seiring dengan prestasi yang secara konsisten mereka pertahankan.  Menurut data yang disebutkan IDP pada situsnya, satu dari tiga mahasiswa internasional yang belajar di Australia adalah mahasiswa dari salah satu universitas Group of Eight, hal ini terjadi karena tingginya minat untuk menjadi mahasiswa dari kampus-kampus Group of Eight. Untuk lebih detailnya, inilah beberapa universitas yang merupakan anggota dari Group of Eight.