Drama Tujuh Gol, Spurs Comeback dan Menang 4-3

London

Tottenham Hotspur meraih kemenangan dramatis saat menjamu Leeds United dalam lanjutan Liga Inggris. Sempat tertinggal tiga kali, skuad asuhan Antonio Conte akhirnya menang 4-3.

Bermain di London, Sabtu (12/11/2022), Leeds tiga kali unggul berkat gol Crysencio Summerville (10′) dan Rodrigo (43′, 76′), namun Tottenham sukses pula menyamakan kedudukan lewat Harry Kane (26′), Ben Davies (51′), dan Rodrigo Bentancur (81′).

Kemenangan Spurs akhirnya didapat usai Bentancur mencetak gol keduanya di menit ke-83. Kartu merah Tyler Adams di menit ke-87 semakin memperparah nasib buruk Leeds.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO RESUME CONTENT

Hasil ini mengantarkan Tottenham naik ke urutan tiga klasemen sementara dengan 29 poin dari 15 laga. Sedangkan Leeds tertahan di urutan 14 dengan 15 poin dari 14 laga.

[Gambas:Opta]

Jalannya pertandingan

Leeds berhasil mengejutkan publik tuan rumah dengan unggul lebih dulu di menit ke-10. Lewat serangan yang dibangun dari belakang, Brenden Aaronson memberi umpan terobosan kepada Crysencio Summerville.

Meski mendapat pengawalan ketat dari Eric Dier, Summerville berhasil merangsek masuk ke kotak penalti dan melepaskan tembakan yang gagal diselamatkan kiper Tottenham, Hugo Lloris. Leeds memimpin 1-0.

Tottenham tersengat dan berupaya menyamakan kedudukan. Upaya tersebut membuahkan hasil di menit ke-26. Tendangan sudut yang dilepaskan Ivan Perisic berhasil ditinju Illan Meslier, namun bola muntah berhasil dikuasai Harry Kane.

Dengan satu kontrol bola, penyerang Inggris itu melepaskan tembakan ke sudut kiri gawang Leeds tanpa bisa dihalau Meslier. Para pemain Leeds sempat protes karena merasa Meslier dilanggar lebih dulu, namun gol tetap dinyatakan sah.

Tak perlu waktu lama, Leeds kembali unggul pada menit ke-43. Berawal dari situasi sepak pojok, bola yang disapu keluar kotak penalti kembali disundul Liam Cooper, kemudian disundul lagi oleh Rasmus Kristensen menuju kotak penalti.

Bola tersebut berhasil mengarah kepada Rodrigo yang sukses mencetak gol kedua lewat tembakan voli. Keunggulan 2-1 untuk Leeds bertahan hingga jeda.

Pada babak kedua, Tottenham berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-51. Ben Davies melepaskan tembakan jarak jauh dan sempat membentur Rasmus Nissen dan Meslier lebih dulu kemudian bergerak masuk ke gawang Leeds. Skor kembali ketat, 2-2.

Tottenham berupaya mencetak gol ketiga, namun malah kebobolan lagi pada menit ke-76. Lewat sebuah serangan balik, Marc Roca langsung melepaskan umpan panjang kepada Rodrigo yang berlari menuju kotak penalti.

Sepakan kaki kiri Rodrigo berhasil menjebol sisi kanan gawang Tottenham meski bola sempat menyentuh Lloris. Para pemain Spurs protes karena merasa Rodrigo Bentancur dilanggar lebih dulu sebelum terjadi serangan balik, namun wasit bergeming.

Keunggulan Leeds hanya bertahan lima menit saja. Bentancur berhasil memanfaatkan second ball di kotak penalti pada menit ke-81, lalu melepaskan tembakan voli ke gawang Leeds. Bola menyentuh Luke Ayling lebih dulu sebelum mengecoh Meslier.

Dua menit usai gol tersebut, Bentancur berhasil membawa Tottenham unggul untuk pertama kalinya di laga ini. Semua berawal dari penetrasi Dejan Kulusevski ke kotak penalti dari sisi kanan.

Saat tinggal berhadapan dengan Meslier, Kulusevski dengan jeli memberi umpan silang kepada Bentancur yang berada di posisi lebih bagus untuk menembak. Ayling coba menghalau, namun sepakan gelandang Uruguay itu berhasil menjebol gawang Leeds.

Leeds semakin kesulitan mengejar ketinggalan usai Tyler Adams diusir wasit pada menit ke-87 usai menekel Yves Bissouma. Pelanggaran itu berbuah kartu kuning kedua, sebab Adams sudah mendapat yang pertama pada menit ke-71 karena melanggar Kulusevski.

Skor 4-3 untuk Tottenham bertahan hingga usai.

Susunan pemain

Tottenham Hotspur: Lloris, Dier, Lenglet (Sanchez 57′), Davies, Emerson (Doherty 57′), Bentancur, Hojbjerg, Perisic, Kulusevski (Moura 90′), Kane, Richarlison (Bissouma 69′).

Leeds United: Meslier, Struijk, Cooper, Koch, Kristensen (Fernandez 89′), Roca (Ayling 79′), Adams, Summerville, Aaronson, Gnonto (Greenwood 46′), Rodrigo (Gelhardt 89′).

(adp/mrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *