Akreditasi Universitas Mulawarman

Akreditasi Universitas Mulawarman

Akreditasi Universitas Mulawarman

Akreditasi Universitas Mulawarman – Akreditasi UNMUL (Universitas Mulawarman) 2020/2021 – UNMUL atau yang dikenal dengan Universitas Mulawarman merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di , Kalimantan Timur. Lokasi Kampus UNMUL di Jl. Kuaro Jl. Tanah Grogot, Gn. Kelua, Kec. Samarinda Ulu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. UNMUL telah mendapatkan Akreditasi “A” berdasarkan 1466/SK/BAN-PT/Akred/PT/V/2017 yang diberikan oleh BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). UNMUL merupakan salah satu Universitas Terbaik dan Terfavorit di , Kalimantan Timur.

Baca juga artikel lainnya : Universitas Terbaik Di Rusia

Akreditasi merupakan suatu bentuk pengakuan pemerintah terhadap suatu lembaga pendidikan tinggi. Nilai Akreditasi ini dikeluarkan oleh badan atau institusi yang berwenang, yaitu BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Pada umumnya nilai Akreditasi ini, diperbaharui setiap 5 tahun sekali.

Universitas Mulawarman, atau disingkat UNMUL, merupakan perguruan tinggi negeri yang berdiri pada tanggal 27 September 1962 di Samarinda, Kalimantan Timur. Usia yang sudah melebihi setengah abad ini menjadikan menjadikan Universitas Mulawarman sebagai universitas tertua di Kalimantan Timur.

Akreditasi Universitas Mulawarman | Sejarah

Awal dari didirikannya Universitas Mulawarman karena adanya keinginan Masyarakat di Kalimantan Timur untuk mendirikan sebuah perguruan tinggi di daerah tersebut karena jarak yang jauh dan transportasi yang cukup sulit diakses menuju perguruan tinggi yang berada di Banjarmasin, Makassar, dan kota-kota di Pulau Jawa. Berdasarkan hal tersebut, Gubernur Abdoel Moeis Hasan meminta Bupati Soebrata Yoeda Soebrata mengadakan pertemuan dengan pemuka masyarakat di Samarinda untuk merencanakan pendirian perguruan tinggi di Samarinda.

Akhirnya, pada tanggal 7 Juni 1962, berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur No. 15/PPK/KDH/1962, didirikan Perguruan Tinggi Mulawarman di Samarinda. Nama Mulawarman sendiri diambil dari nama Raja Mulawarman Nala Dewa, yang merupakan raja dari kerajaan pertama di Indonesia yang terletak di Kalimantan Timur, yaitu Kerajaan Kutai pada abad ke-4.

Pada tanggal 28 September, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan No. 130 tahun 1962, nama Perguruan Tinggi Mulawarman mengalami perubahan menjadi Universitas Kalimantan Timur. Kemudian pada tanggal 23 April 1963, berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 65, nama Universitas Kalimantan Timur resmi dikembalikan menjadi Universitas Mulawarman.

Jumlah mahasiswa di Universitas Mulawarman mencapai lebih dari 37.000 orang mahasiswa. Jumlah tersebut merupakan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan. Universitas Mulawarman memiliki gedung kampus di beberapa tempat. Kampus utamanya di berada Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya berada di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris, dan Jalan Flores. Gedung kampus UNMUL di antaranya, yaitu Kampus Gedung Kelua, Kampus Pahlawan, Kampus Bangeris, Kampus Flores, Kampus PIN, Kampus Penelitian, Kebun Raya Samarinda, dan Bukit Soeharto.